Daftar Huruf Hiragana Lengkap : Standar, Tenten, Maru dan Yoon

Daftar Huruf Hiragana Lengkap : Standar, Tenten, Maru dan Yoon

Mina-san, Kinnichiwa ^_^ Ahsan desu.
Berjumpa lagi dengan saya di blog Bahasa Jepang Asik

Kemarin kita sudah bahas secara singkat tentang Sistem Penulisan dalam Bahasa Jepang, dalam artikel tersebut saya sudah membahas tentang penggunaan aksara hiragana dan juga katakana, nah kali ini saya akan memberikan daftar huruf hiragana lengkap ^_^

Mohon dihafalkan ya ^_^ Karena ini akan sangat berpengaruh dengan pembelajaran bahasa Jepang Anda di waktu yang akan datang


Secara strandart aksara Hiragana (平仮名) terdiri dari 5 huruf bunyi vokal yaitu A, I, U, E dan O dan 40 huruf yang merupakan konsonan yang digabung dengan vokal, selain itu Hiragana juga memiliki 1 huruf mati yaitu N.

Jadi total huruf untuk hiragana Standart adalah 46 huruf, berikut ini adalah daftar Hiragana Standar


Daftar Huruf Hiragana Standart
あ a い i う u え e お o
か ka き ki く ku け ke こ ko
さ sa し shi す su せ se そ so
た ta ち chi つ tsu て te と to
な na に ni ぬ nu ね ne の no
は ha ひ hi ふ fu へ he ほ ho
ま ma み mi む mu め me も mo
や ya ゆ yu よ yo
ら ra り ri る ru れ re ろ ro
わ wa を wo
ん n

Contoh :
わたし = Watashi, Saya
あなた = Anata, Anda
きみ = Kimi, Kamu

Ada lagi huruf hiragana yang dinamakan Tenten dan Maru, apa maksudnya ? :D
Tenten adalah dua buah titik atau tanda kutip yang ada di bagian kanan atas huruf hiragana, misalnya pada huruf Ba, di bagian kanan atas kan ada tuh ten ten nya ^_^
Sedangkan Maru adalah tanda baca yang berbentuk lingkaran kecil pada bagian kanan atas huruf hiragana, contohnya huruf Pa, di bagian kanan atas kan ada tuh Maru nya.

Berikut ini adalah daftar huruf hiragana Tenten dan Maru


Tenten dan Maru
が ga ぎ gi ぐ gu げ ge ご go
ざ za じ ji ず zu ぜ ze ぞ zo
だ da ぢ (ji) づ (zu) で de ど do
ば ba び bi ぶ bu べ be ぼ bo
ぱ pa ぴ pi ぷ pu ぺ pe ぽ po


Contoh :
ありがとう = Arigatou, Terima kasih
ぼく = Boku, Aku
です = Desu

Dan huruf Hiragana yang selanjutnya adalah Yoon atau bunyi konsonan Ganda, huruf ini dituliskan dengan menambahkan huruf Ya, Yu dan Yo berukuran kecil setelah huruf Hiragana, contohnya adalah kata ちゃ Cha (Cya) ^_^ dan Berikut ini adalah daftar huruf Hiragana yoon.


yōon
(ya) (yu) (yo)
きゃ kya きゅ kyu きょ kyo
しゃ sha しゅ shu しょ sho
ちゃ cha ちゅ chu ちょ cho
にゃ nya にゅ nyu にょ nyo
ひゃ hya ひゅ hyu ひょ hyo
みゃ mya みゅ myu みょ myo
りゃ rya りゅ ryu りょ ryo
ぎゃ gya ぎゅ gyu ぎょ gyo
じゃ ja じゅ ju じょ jo
ぢゃ (ja) ぢゅ (ju) ぢょ (jo)
びゃ bya びゅ byu びょ byo
ぴゃ pya ぴゅ pyu ぴょ pyo

Contoh :
かぐらちゃん = Kagura-chan
でんしゃ = Densya, Kereta listrik

Mohon dihafalkan ya, dan jangan lupa latihan menuliskan nya juga, agara nanti Anda bisa menulis aksara Jepang dengan lancar :)
Baca Juga : Daftar Huruf Katakana Lengkap

Semoga artikel Daftar Huruf Hiragana Lengkap : Standar, Tenten, Maru dan Yoon ini bermanfaat ^_^ dan sampai jumpa di artikel Bahasa Jepang Asik selanjutnya.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Yang Berkaitan

Previous
Next Post »

17 komentar

komentar
6 Juli 2017 21.59 delete

permisi, itu pada bagian tenten dan maru, ada hiragana ji dan zu yang dikutip tanda kurung, bedanya dengan ji dan zu yang tidak dikurung apa ya? terima kasih :)

Reply
avatar
26 Juli 2017 11.40 delete

Beda penggunaan nya :) biasanya yang づ (zu) ini ditulis dzu dalam alfabeth :D
yang jelas cara baca dan penggunaan nya beda kak :) misalnya 気づく Kidzuku artinya sadar, tidak bisa ditulis dengan 気ずく

Reply
avatar
21 November 2017 20.35 delete

Permisi sensei..kok hiragana yg "ha" suka diucapkan "wa" ya ?

Reply
avatar
23 November 2017 09.45 delete

Apa zu dan ji yang di dalam kurung itu di bacanya berbeda dengan yang tidak di kurung? Serta bagaimana pengunaannya? Mohon penjelasannya trim.

Reply
avatar
24 Desember 2017 18.05 delete

Kalau dari informasi yang saya tau, dulu bahasa Jepang untuk partikel ha itu dibaca dan ditulis dengan huruf ha

Tapi seiring berjalan nya waktu, pengucapan nya menjadi wa namun penulisan tetep dengan huruf ha :)

Reply
avatar
24 Desember 2017 18.06 delete

Cara bacanya sama, untuk penggunaan nya tergantung konteks kata nya mas :)

Reply
avatar
24 Desember 2017 18.06 delete

Perlu latihan untuk menghafalnya hehe :)

Reply
avatar
16 Januari 2018 01.45 delete

Membantu banget untuk pemula. Masih belajar menghafal. Lupa lupa ingat. Biar cpet ingat gimana ya kak?

Reply
avatar
5 April 2018 18.20 delete

Njeng ntaps ni blog sukses terus. Baru kali ini lihat penjelasan yang lengkap dan rinci. Terimakasih masih sudah dipastikan kepastiannya tentunya

Reply
avatar
19 Mei 2018 14.31 delete

sensei, ingin bertanya. bagaimana cara menuliskan nama dengan huruf hiragana ketika katanya tidak ada dalam penjelasan diatas, misal Thio Ridho? apakah harus tohio dan riduho?
terima kasih

Reply
avatar
20 Mei 2018 21.57 delete

Klo しゃ dibacanya sha atau sya ?

Reply
avatar
9 Juni 2018 12.02 delete

Haha siap, thanks sudah mampir dan komentar

Reply
avatar
9 Juni 2018 12.15 delete

Pertama yang harus ditekankan adalah penulisan nama orang non Jepang biasanya menggunakan huruf katakana bukan hiragana atau kanji :)

Untuk karakter menyesuaikan cara baca nya, misalnya saja nama saya Ahsan, di Jepang tidak ada huruf mati kecuai n
jadi menyesuaikan, biasanya orang jepang baca nya aasan dengan a yang panjang, jadi ditulis begini アーサン

Untuk Thio Ridho, kalau saya gak salah jadi tio rido ditulis ティオ リド
'
Semoga membantu

Reply
avatar
9 Juni 2018 12.17 delete

Sama aja antara sha dan sya :D
Kan suara saat baca gak beda jauh, tapi orang jepang cenderung seperti sha :D

Sepengetahuan saya

Reply
avatar
30 Juli 2018 14.44 delete

Makasih gan..membantu banget

Reply
avatar

Silahkan tanya dan komentar yang santun ya